Sunday, September 14, 2008

Indonesia

Peta Indonesia




Artikel di bawah ini saya ambil dari sebuah site yang cukup menarik bagi saya, untuk menyadarkan kita bahwa masih banyak yang kita bangun dan gali di Indonesia terutama dari bidang kelautan atau bahari.
Indonesia adalah negara kepulauan yang sudah tentu antara pulau yang satu dan lainnya di pisahkan oleh laut, hingga Indonesiapun di kenal sebagai negri bahari atau kelautan.
Tidak hanya lautnya yang indah tetapi juga transportasi laut harusnya masih menjadi perhatian utama sebagai sarana transportasi yang murah.
Dengan lancarnya transportasi laut kita bisa memajukan pembangunan di seluruh pelosok Nusantara, mencerdaskan bangsa serta menciptakan lapangan pekerjaan yang memadai bagi bangsa Indoensia sendiri.
Dan artikel di bawah ini ckup menyadarkan saya bahwa pilihan untuk menekuni bidang saya sungguh bukan hal yang sia-sia. Sebab ilmu perkapalan sebenarnya masih di butuhkan oleh Indonesia dan tidak akan habis oleh masa.
Oleh sebab itu melalui blog ini saya ingin membagikan pengalaman serta ilmu tentang perkapalan serta offshore yang juga saya timba dari orang-orang yang ahli di bidangnya kepada anak bangsa atau siapa saja yang menekuni bidang perkapalan.
Semoga blog ini bermanfaat dan INDONSIA BISA!!


Indonesia Negara Kepulauan


Negara Kesatuan Republik Indonesia (disingkat NKRI atau Indonesia atau Republik Indonesia atau RI) ialah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara, melintang di khatulistiwa antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Karena letaknya yang berada di antara dua benua, dan dua samudra, ia disebut juga sebagai Nusantara (Kepulauan Antara). Penulis menyarankan anda baca kutipan sejarah berikut ini:
Indonesia berbatasan dengan
Malaysia di pulau Kalimantan, berbatasan dengan Papua Nugini di pulau Papua dan berbatasan dengan Timor Leste di pulau Timor.
Kata "Indonesia" berasal dari dua kata
bahasa Yunani, yaitu Indos yang berarti "India" dan nesos yang berarti "pulau". Jadi, kata Indonesia berarti wilayah India kepulauan, atau kepulauan yang berada di India, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat.
George Earl, seorang etnolog berkebangsaan Inggris, tahun 1850 awalmya mengusulkan istilah Indunesians dan Malayunesians untuk penduduk "Kepulauan India atau Kepulauan Melayu". Pelajar Indonesia pertama yang mengunakannya ialah Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara), yaitu ketika ia mendirikan kantor berita di Belanda yang bernama Indonesisch Pers-bureau di tahun 1913.
Indonesia memiliki 17.504 pulau besar dan kecil, sekitar 6000 di antaranya tidak berpenghuni, yang menyebar disekitar
khatulistiwa, yang memberikan cuaca tropis. Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°LU - 11°08'LS dan dari 95°'BB - 141°45'BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania.
Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara
Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairannya 3.257.483 km². Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa, di mana setengah populasi Indonesia hidup.
Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu: Jawa dengan luas 132.107 km², Sumatra dengan luas 473.606 km², Kalimantan dengan luas 539.460 km², Sulawesi dengan luas 189.216 km², dan Papua dengan luas 421.981 km². Batas wilayah Indonesia searah penjuru mata angin, yaitu:
Utara : Negara
Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut China Selatan
Selatan : Negara
Australia, Timor Leste, dan Samudera Hindia
Barat :
Samudera Hindia
Timur : Negara
Papua Nugini, Timor Leste, dan Samudera PasifikLokasi Indonesia juga terletak di lempeng tektonik, yang berarti Indonesia rawan terkena gempa bumi dan dapat menimbulkan tsunami.
Indonesia juga banyak memiliki gunung berapi, salah satu yang sangat terkenal adalah gunung Krakatau, terletak di selat Sunda antara pulau Sumatra dan Jawa.

3 comments:

Nadya Novriana said...

thx ya bro artikelnya.. btw aku boleh kutip tulisannya ga bwt skripsi aku? thx b4 yah.. ^_^

lasem2 said...

Bukan brother Mbak Nadya, beliau asli cewek lho...

Unknown said...

cantik ya... kapalnya lhooo hehe..:D